Honda CB 160 Pocket Rocket


Apakah akan terjadi Perang Dunia III pengaruh serbuan sepeda motor Jepang yang berhasil menjajah ranah balap Amerika Serikat?

Satu dekade belakangan, AS sedang marak digelar balap motor tua. Balap yang diakomodir oleh American Historic Racing Motorcycle Association tersebut juga menggelar balap khusus untuk motor-motor berkapasitas mesin nanggung. Ya, seperti yang tak jarang dilakoni oleh Vicious Cycle. Salah satu bengkel balap yang ngetop di Portland tersebut telah bergelut dan berjibaku di atas Honda CB 160 sejak lebih dari 10 tahun silam.

Ada sebagian alasan kenapa CB 160 dapat menjadi pacuan unggulan dari para vintage racers. Salah satunya ialah sebab populasinya yang masih banyak di kampungnya tim basket Trail Blazer ini. Honda sendiri telah memproduksi ratusan ribu unit CB 160 selama tahun 1965 sampai 1969. Selain ringan dan memiliki pengendalian yang sempurna, pocket rocket ini juga cukup cepat. Mesin twin cylinder berkapasitas 160 cc nya memiliki kecepatan tertinggi sampai 80 mil/jam atau sepadan dengan 128.7 km/jam.

INFO LAIN  Honda BeAT 2020 Terus Dipoles

Joe Pethoud, sang pemilik Vicious Cycle ialah salah satu legenda balap CB 160 di dataran pantai barat AS dan telah membeli 22 unit CB 160 dan merubahnya menjadi 9 pacuan sirkuit. Motor-motor tersebut berhasil merajai berbagai kancah balap seperti AHRMA, OMRRA dan WMRRA.