Kawasaki Z1000J Bull Dock


Jangan terbuai dengan pesona dan kecantikannya. Sebab dibalik pakaian seksinya, motor karya Bull Dock ini menaruh tenaga dahsyat yang mematikan.

Tampang permulaan dari Kawasaki Z1 buatan tahun 1972 memang rada culun dan genre cruisernya sangat kentara. Hal inilah yang menyebabkan orang lebih memilih untuk meminang motor keluaran manufaktur lain.

Namun sejak Kawasaki menghadirkan versi Z1000J, fakta mulai berbalik. Dengan garis lekuk yang lebih halus, styling yang mantap, pemangkasan panjang suspensi, muatan yang lebih ringan dan diimbangi dengan mesin yang bertenaga, penggila sepeda motor mulai melirik motor lansiran 1981 ini.

Kendati demikian, di tangan orang yang “salah”, Z1000J ini bisa sangat “mematikan.” Ya, di Jepang varian ini memiliki penggemar tersendiri dan menarik perhatian tuner-tuner kondang seperti Sanctuary dan Bull Dock. Nah, yang kali ini dipercaya untuk timbul di halaman modifikasi Dapur Pacu merupakan hasil kreasi Bull Dock.

INFO LAIN  FXSTB Night Train A Tribute To Johnny Cash

Tak hanya tampilannya yang cantik, namun motor yang keluar dari markas Bull Dock di Sano, Jepang ini juga dipersenjatai dengan race rebel bertenaga masif. Semua berasal dari cara kerja bored out hampir 200cc menjadi 1.197cc, port & polished, rasio kompresi 10.25 (sebelumnya 8.9:1) hingga karburator Keihin FCR 35mm yang menggantikan karburator standar Mikuni 34mm.

Untuk menambah stabilitas dikala throttle dipelintir, Bull Dock telah meng-upgrade suspensi depan dengan mengadopsi suspensi milik Kawasaki Zephyr 1100. Naiknya kapasitas mesin dan tenaga harus diimbangi dengan penerapan cara pengereman yang mumpuni. Maka tak salah apabila mereka mencangkok perangkat bawaan GSX-R1100 lengkap dengan kaliper 4 piston Lockheed.