Kenali Virus Corona dan Pencegahannya

Kenali Virus Corona dan Pencegahannya

Virus Corona masih menjadi wabah yang sedang merebak dimana-mana termasuk di Indonesia. Beberapa daerah sudah melaporkan peningkatan jumlah orang yang dalam pengawasan hingga positif terkena COVID-19.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran masyarakat luas termasuk bagi para pengendara sepeda motor. Aktifitas di luar ruangan menjadi resiko terbesar penularan virus yang hingga saat tulisan ini ditayangkan belum ditemukan obat antivirusnya.

Penulis menyadari dan memaklumi bahwa sepeda motor memiliki presentase terbesar masyarakat Indonesia dalam menggunakan transportasi selain alat angklutan umum dan mobil pribadi. Oleh sebab itu pengendara motor harus bahkan wajib meminimalisir resiko terkena penularan dengan menggunakan alat pelindung diri standar minimal.

 

Kenali Virus Corona

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) secara umum dikenal dengan nama virus corona bisa menular ke manusia. Semua orang tanpa batasan usia sangat beresiko tertular virus ini.

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan virus corona jenis baru yang pertama kali dilaporkan muncul di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun 2019 lalu. Hingga akhirnya menjadi wabah luar biasa yang menyerang semua wilayah daratan Tiongkok dan mengakibatkan angka kematian sangat tinggi.

COVID-19 merupakan virus yang menginfeksi sistem pernafasan manusia. Virus terbaru dari Corona ini kebanyakan mirip seperti flu biasa atau gejala infeksi pernafasan ringan. Bahkan dari laporan terkini orang yang positif terkena COVID-19 tidak menunjukkan tanda-tanda signifikan alias seperti orang sehat.

INFO LAIN  Mengatasi Motor Matic Injeksi Mati Saat Di Gas

Ciri-ciri umum orang yang terkena virus corona adalah pilek, demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. gejala berat lainnya adalah seperti tekrena infeksi pernafasan berat yaitu deman tinggi, batuk akut, sesak nafas, hingga nyeri pada wilayah dada.

Dari berbagai rujukan informasi guna mengetahui gejala awal seseorang beresiko terkena virus corona adalah suhu badan diatas 38 derajat celcius, batuk dengan diiringi sesak nafas. Perlu diketahui Corona adalah virus yang misterius sehingga tanda-tanda umum diatas seringkali tidak bisa menjadi ukuran pasti seseorang terjangkiti.

Namun secara umum jika masyarakat memiliki gejala umum tersebut sebaiknya melakukan pemeriksaan secara dini di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat. Jika ditengarai atau ada indikasi beresiko terkena COVID-19 maka akan dirujuk ke rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai pusat rujukan virus corona.

 

Pencegahan Virus Corona

Hingga saat ini virus corona menjadi wabah yang sangat mematikan dan penyebarannya pun termasuk sangat cepat. Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi masyarakat khsusunya para pengendara sepeda motor wajib mengetahui sumber dan perantara penularan COVID-19.

INFO LAIN  Mobil Atau Motor? Ini Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Beli Motor Sekarang

Seseorang bisa tertular virus ini melalui beberapa cara antara lain;
– terkena percikan air liur dari seseorang yang batuk atau bersin orang lain yang terinfeksi.
– Memegang benda yang tersentuh oleh penderita dan secara tidak sengaja tangan menyentuh media perantara dan masuk kedalam tubuh seperti mengusap wajah, memegang makanan dan minuman, atau perilaku lainnya yang bersentuhan dengan mulut atau hidung.
– Masih identik dengan diatas adalah bersentuhan langsung dengan penderita COVID-19 menjadi media penularan resiko tinggi.

Merujuk pada cara-cara dan perilaku yang beresiko penularan virus maka perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan secara dini. Pencegahan secara umum yang bisa diterapkan oleh masyarakat khususnya pengendara motor yaitu;

– Selama pademi virus corona hindari kontak langsung dengan bersentuhan dengan orang lain. Jika memang harus melakukan itu gunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan karet sekali pakai.

Masker Cegah Penularan Virus Corona

– Gunakan masker jika di tempat yang beresiko. Walaupun penggunakan amsker yang benar adalah untuk orang yang sakit atau sedang menangani orang sakit sebaiknya jika memang beresiko tinggi tidak ada salahnya digunakan. Kelangkaan masker sebagai salah satu alat pelindung diri standar menjadi permasalahan, namun bisa menggunakan masker yang terbuat dari kain.

INFO LAIN  Tips Mereparasi Mobil Sendiri

Cuci Tangan Mencegah Tertular Virus Corona

– Luangkan waktu untuk cuci tangan. bagian tubuh manusia yang sering digunakan untuk kontak adalah tangan, oleh sebab itu cuci atau bilas tangan sesering mungkin jika aktifitas pekerjaan tinggi. Tidak semua kondisi dan situasi kita bisa menemukan air untuk bilas, maka cara lain adalah menggunakan antiseptik seperti hand sanitizer.

– Batasi aktifitas luar rumah. Cara lain untuk mengontrol resiko tertular virus corona adalah meminimalisir kontak dengan orang lain. Selama wabah masih berlangsung dan obat belum ditemukan sebaiknya jika tidak benar-benar perlu jangan keluar rumah. Cara tersebut sebagai langkah meminimalisir resiko terpapar virus.

Tulisan kali ini adalah upaya penulis agar masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain saat wabah virus corona masih menjadi pandemi penyakit yang mematikan. Buang jauh-jauh ego kita karena ini bukan hanya untuk beberapa individu saja melainkan untuk semua orang yang tinggal di Indonesia. Hadapi wabah virus ini dengan bijak dan cerdas, tetap berdo’a dan berusaha untuk kebaikan bersama.