Teknologi ACG Fitur Terbaru Sepeda Motor Honda

Teknologi ACG Sepeda Motor Honda

Fitur terbaru sepeda motor Honda yaitu Teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter bisa disebut sebagai salah satu fitur canggih dan terbaru yang diperkenalkan oleh Honda. Fitur tersebut diperkenalkan untuk memaksimalkan sepeda motor terbarunya. Fitur ACG Starter biasanya dikatakan sebagai fitur yang menghilangkan suara “Bletakkk” saat memulai sepeda motor Anda.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan berbagai keuntungan dan cara kerja dari ACG Starter ini.

Keunggulan Fitur Terbaru Sepeda Motor Honda

Inilah keunggulan utama ACG Starter pada sepeda motor Honda Anda.

  • Mengurangi getaran dan kebisingan saat menghidupkan mesin. (Pemula “Bletakkk” tidak lagi).
  • Mengurangi konsumsi bahan bakar (karena sistem dekompresi yang membuat piston bekerja lebih mudah)
  • Isi daya baterai secara otomatis
  • Jaminan pemeliharaan motor karena tidak menggunakan sikat yang biasanya ditemukan pada dinamo biasa.

 

Pengertian ACG

Alternating Current Generator (ACG) berdasarkan fungsinya bisa juga disebut dengan alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus (AC) bolak-balik. Sedangkan starter adalah alat untuk memulai pekerjaan perangkat atau mesin lain. Sehingga mereka digabungkan menjadi starter ACG.

INFO LAIN  Honda CB Twister 110cc untuk Anak Sekolah

Teknologi ACG Starter awalnya diterapkan pada Honda PCX 125, tetapi sekarang Anda dapat menemukan teknologi ini pada Honda Vario Techno 125 ISS. Pada dasarnya, teknologi ACG Starter yang ditemukan pada sepeda motor Honda adalah kombinasi dari teknologi ISS (Idling Stop System).

Bedanya, jika teknologi ISS bekerja untuk mematikan mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang terbuang, ACG Starter benar-benar berfungsi merawat mesin karena fitur-fitur tersebut mampu menghidupkan mesin lebih lancar.

Berbeda dengan motor yang masih menggunakan sistem tipe sliding-gear starter. Tipe tersebut cenderung konvensional dengan menggunakan dynamo starter. Sehingga dapat menimbulkan suara ketukan saat menghidupkan mesin.

Dalam sistem tipe starter-gigi geser ada dua roda gigi kecil dan besar yang harus saling bergesekan untuk menggerakkan piston. Gesekan menghasilkan suara yang sama dengan yang biasanya Anda dengar saat menghidupkan mesin.

INFO LAIN  Daftar Harga Kredit Motor Honda Ramadhan Mulai 30 Juta

 

Cara Kerja Teknologi ACG

Ketika mesin dihidupkan, arus listrik akan mengalir melalui stator yang bertindak sebagai magnet listrik (elektromagnet). Stator pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan alternator, hanya lebih mengandalkan mekanisme antar magnet. Sebagai contohnya, yang ada di Honda Vario Techno 125 ISS memiliki 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri dari kutub magnet remanen (tidak permanen). Kumparan masih dibagi menjadi 3 hall.

Ketika mesin dihidupkan, otomatis arus listrik akan langsung dialirkan ke Sirkuit FET yang terdapat dalam Modul Kontrol Elektronik (ECM) yang kemudian dibagi secara merata ke dalam 3 hall. Selanjutnya, stator yang telah menjadi elektromagnet akan bertemu dengan magnet roda gila.

Pertemuan antara kedua magnet inilah yang menyebabkan roda gila bergerak, sebelum akhirnya menggerakkan piston yang terhubung langsung untuk menghidupkan mesin. Selanjutnya, setelah motor berjalan, ECU / ECM akan secara otomatis memotong tegangan ke stator dan beralih ke Generator AC.

INFO LAIN  Fireblade Sportsbike of the Year

Generator ini nantinya akan mengubah arus listrik menjadi DC (searah) untuk mengisi baterai (baterai) dan mendukung kinerja ACG Starter dalam penggunaan selanjutnya.

Logikanya, karena gesekan yang terjadi berasal dari pertemuan antara dua magnet, dapat dipastikan bahwa tidak akan ada lagi kebisingan akibat gesekan antar roda gigi yang terjadi ketika Anda menghidupkan mesin (seperti pada tipe starter-sliding-gear). sistem). Anda hanya akan merasakan mesin mesin Anda berjalan seketika dengan suara yang sangat lembut (diminimalkan).