Tips Mereparasi Mobil Sendiri


Reparasi Atau Servis Mobil tentu menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh pemilik mobil, kecuali bagi anda yang menservisnya dibengkel, tentunya tidak perlu repot repot berkeluh kesah untuk mereparasi sendiri, asal anda punya uang, mobil tinggal dibawa ke bengkel dan tunggu jadi. Namun bagi anda yang hendak mereparasi mobil anda, berikut ini ada beberapa tips servis mobil agar berjalan lancar yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi anda selain skill memperbaiki mobil yang memang sudah anda kuasai.

Mobil terutama milik pribadi tentunya merupakan teman dekat bagi empunya, oleh karena itu ketika waktu luang banyak orang yang memilih bermeditasi di ruang garasi untuk memperbaiki kerusakan kecil yang ada pada mobilnya tanpa pergi ke bengkel. Oleh karena itu agar servis yang anda kerjakan bisa berjalan lancar, salah satunya anda harus mengutamakan kebersihan dan kerapian saat mereparasi mobil, hal yang perlu anda perhatikan misalnya :

INFO LAIN  Mobil Atau Motor? Ini Beberapa Alasan Kenapa Anda Harus Beli Motor Sekarang

1. Sebelum anda memulai, silahkan anda persiapkan terlebih dahulu semua alat alat yang sekiranya dibutuhkan dan menyusun secara rapi. Jangan lupa siapkan sarung tangan dan baju servis khusus, jika tidak ada anda bisa memanfaatkan tatakan baju untuk menghindari tumpahan minyak atau oli. Jika anda ingin memperbaiki bagian bawah kendaraan jangan lupa siapkan alas yang sekiranya melindungi tubuh anda dari kotoran yang ada dilantai garasi.

2. Siapkan wadah atau tempat khusus untuk meletakkan komponen mobil misal mur, baut yang anda lepas agar nantinya tidak tercecer dan hilang.

3. Saat melakukan reparasi, jangan lupa selalu sigap membersihkan kotoran yang diakibatkan minyak rem, bahan bakar atau oli. sebab kotoran yang disebabkan oleh bahan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan cat mobil jika menempel pada bodi mobil. Gunakan air untuk membersihkan kotoran yang bandel seperti cairan rem.

INFO LAIN  Kenali Virus Corona dan Pencegahannya

4. Ketika melakukan reparasi jangan lupa perhatikan berikut ini :

Lindungi bagian mobil yang sekiranya rawan kerusakan jika terkena cairan seperti oli,rem cakram atau kotoran lainnya. misal jok mobil. Bila kondisi tangan anda kotor saat membersihkan, jangan lupa bersihkan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam mobil. Jika pakaian yang anda pakai kotor saat mereparasi jangan lupa gunakan pelindung agar tidak menempel dibagian dalam mobil.

5. Setelah selasai melakukan reparasi jangan lupa bersihkan kotoran baik yang diakibatkan cairan atau lainnya yang menempel pada bodi kendaraan anda dengan menggunakan kain yang halus serta air sabun khusus yang tidak merusak cat. Bersihkan bagian bagian yang telah anda pegang ketika proses reparasi, biasanya bagian bagian ini yang rawan kotor.

INFO LAIN  Mengatasi Motor Matic Injeksi Mati Saat Di Gas

6. Jika memang diperlukan, cuci mobil secara keseluruhan agar lebih nyaman dan mobil terlihat indah.

Itu tadi beberapa Tips Servis Mobil terutama untuk segi kebersihan dan kerapian, untuk memperlancar proses reparasi yang anda kerjakan.